KEBIJAKAN PRIVASI

Kebijakan Privasi ini telah dibuat untuk melindungi dan menjaga privasi dan kerahasiaan dari Pengguna Platform milik kami. Pengguna diharapkan membaca Kebijakan Privasi ini dengan saksama sebelum menggunakan Layanan yang diberikan melalui Platform ini. Dengan mengakses dan menggunakan Layanan di Platform, Pengguna mengakui telah membaca, memahami dan menyetujui isi yang tertulis dalam Kebijakan Privasi ini.

PASAL 1

DEFINISI/INTERPRETASI

  • 1. DEFINISI
    • Selain yang telah ditentukan pada bagian lain dalam Kebijakan Privasi ini, istilah-istilah berikut akan memiliki definisi, pengertian, dan ditafsirkan sebagaimana ditentukan di bawah ini:
    • “Anda” berarti merujuk pada Penerima Pendanaan, Pemberi Pendanaan atau orang lain yang menggunakan Platform dan/atau Layanan baik terdaftar pada Platform maupun tidak.
    • “Data Pribadi” berarti meliputi segala data, keterangan, informasi dan dokumen, baik elektronik maupun non-elektronik namun selain Nomor Darurat, dari atau mengenai Pengguna (baik Penerima Pendanaan maupun Pemberi Pendanaan, sesuai konteksnya) dan/atau pihak terkait Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada keluarga, rekan, karyawan, perusahaan atau penyedia jasa Pengguna, apabila dipersyaratkan) yang diterima atau diakses Kami dari Pengguna, diajukan, diberikan atau disingkapkan Pengguna bagi Kami, menurut persetujuan Pengguna yang bersangkutan serta disimpan dan dikelola sehubungan dengan penyediaan Layanan pada Platform dan dalam rangka pemanfaatan Layanan pada Platform oleh Pengguna.
    • “Gagal Bayar” berarti peristiwa dimana Penerima Pendanaan telah melanggar ketentuan pembayaran Pendanaan, berikut bunga, penalti keterlambatan atas Pendanaan baru atau Pendanaan berulang, dan kewajiban finansial lainnya berdasarkan Perjanjian Pendanaan, oleh karena alasan apapun, baik karena kesengajaan atau kelalaian, meliputi antara lain melanggar jadwal dan/atau jumlah pembayaran Pendanaan yang diatur dalam Perjanjian Pendanaan maupun perubahannya dari waktu ke waktu (apabila ada).
    • “Kami” berarti PT PT. Rezeki Bersama Teknologi, yaitu perusahaan teknologi finansial yang melaksanakan kegiatan usaha LPMUBTI berdasarkan POJK 10 untuk menyediakan Pendanaan bagi Penerima Pendanaan.
    • “Kuasa” berarti pemberian kuasa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1792 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUHPerdata”) dari Pemberi Pendanaan kepada Kami untuk mewakili dan bertindak untuk dan atas nama serta demi kepentingan Pemberi Pendanaan melakukan:
      • (a) Pernyataan kesepakatan, perancangan, negosiasi, penandatanganan, implementasi maupun restrukturisasi Perjanjian Pendanaan;
      • (b) Penagihan Pendanaan dari Penerima Pendanaan berdasarkan Perjanjian Pendanaan, menerima dan mengembalikan dana hasil pembayaran kembali Pendanaan dari Penerima Pendanaan kepada Pemberi Pendanaan; dan
      • (c) Tindakan-tindakan lain terkait yang sewajarnya diperlukan untuk pelaksanaan Perjanjian Pendanaan, kepatuhan terhadap POJK 10, surat edaran OJK terkait dan peraturan perundang-undangan yang mempengaruhi terkait LPMUBTI, Perjanjian Penyaluran Dana dan Perjanjian Pendanaan serta pemenuhan hak dan kewajiban Pemberi Pendanaan berdasarkan Perjanjian Pendanaan.
    • “Layanan” berarti layanan jasa keuangan berupa penyediaan Platform oleh Kami untuk mempertemukan Pemberi Pendanaan dengan Penerima Pendanaan dalam rangka melaksanakan kegiatan LPMUBTI terkait penyaluran Pendanaan kepada Penerima Pendanaan.
    • “LPMUBTI” berarti Layanan Pendanaan Uang Berbasis Teknologi Informasi yang disediakan Perusahaan melalui Platform bagi Calon Peminjam Potensial yang hendak mengajukan Permohonan Pendanaan untuk memperoleh Pendanaan.
    • “Nomor Darurat” berarti nomor kontak individu yang dicantumkan Penerima Pendanaan pada saat mengajukan aplikasi permohonan pendanaan pada Perusahaan melalui Platform sebagai nomor yang dapat, dan akan dihubungi Perusahaan ketika Penerima Pendanaan telah dikategorikan Gagal Bayar.
    • “Nomor Darurat Non-Aktif” berarti sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3.4 Kebijakan Privasi ini.
    • “Platform” adalah (a) portal web dan/atau versi mobile dari portal web yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Perusahaan yang saat ini terletak di dan dapat diakses pada URL berikut: www.finplus.co.id beserta perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu; dan/atau (b) aplikasi mobile dari Finplus yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Perusahaan, termasuk iOS dan android berikut perubahannya dari waktu ke waktu.
    • “Pemberi Pendanaan” berarti pihak yang terdaftar dalam Platform untuk melakukan pendanaan berupa pemberian dan penyaluran Pendanaan kepada Penerima Pendanaan melalui Platform.
    • “Penerima Pendanaan” berarti pihak yang terdaftar dalam Platform untuk menerima pendanaan berupa pendanaan dari Pemberi Pendanaan melalui Platform.
    • “Pengguna” berarti Pemberi Pendanaan selaku pihak dalam Perjanjian Penyaluran Pendanaan dan Penerima Pendanaan selaku pihak dalam Perjanjian Pendanaan yang terdaftar dalam Platform.
    • “Perjanjian Penyaluran Pendanaan” berarti perjanjian antara Kami dan Pemberi Pendanaan untuk penyaluran dana Pendanaan dari Pemberi Pendanaan kepada Penerima Pendanaan melalui Platform.
    • “Perjanjian Pendanaan” berarti kesepakatan tertulis yang disepakati antara Pemberi Pendanaan, Kami (sebagai kuasa Pemberi Pendanaan) dan Penerima Pendanaan yang mengatur antara lain hak dan kewajiban Pemberi Pendanaan dan Penerima Pendanaan, syarat dan ketentuan penyaluran Pendanaan dari Pemberi Pendanaan melalui Kami kepada Penerima Pendanaan, dan mekanisme serta Kuasa, prosedur pengembalian atau pembayaran Pendanaan beserta perubahan, perpanjangan dan lampiran-lampirannya.
    • “Perkominfo No.20/2016” berarti Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik beserta segala peraturan pelaksana, perubahan, amandemen, modifikasi dan/atau penambahan yang dibuat dari waktu ke waktu.
    • “Pendanaan” berarti fasilitas pendanaan baik Pendanaan baru atau berulang (berikut bunga, penalti keterlambatan atas Pendanaan baru atau berulang dan kewajiban finansial lainnya) dari Pemberi Pendanaan yang disalurkan Pemberi Pendanaan kepada Penerima Pendanaan melalui Platform berdasarkan Perjanjian Pendanaan.
    • “POJK 10” adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Uang Berbasis Teknologi Informasi sebagaimana diubah, diamandemen, dimodifikasi atau ditambahkan dari waktu ke waktu.
    • “UU ITE” berarti Undang-Undang Republik Indonesia No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana terakhir kali diubah d oleh Undang-Undang Republik Indonesia No.19 Tahun 2016.

PASAL 2 PENDAHULUAN

  • 2.1

    Dengan memperoleh Pendanaan dari Pemberi Pendanaan melalui Kami berdasarkan Perjanjian Pendanaan serta selama Penerima Pendanaan masih merupakan pihak dalam setiap Perjanjian Pendanaan dan memiliki kewajiban finansial menurut ketentuan Perjanjian Pendanaan, maka Penerima Pendanaan dianggap demi hukum telah menyetujui seluruh ketentuan Kebijakan Privasi ini khususnya ketentuan mengenai penggunaan Nomor Darurat sebagaimana diatur dalam Pasal 3 berikut seluruh akibat hukumnya dengan sukarela, tanpa paksaan maupun penipuan dan tanpa diperlukan suatu formalitas atau pemenuhan prosedur apapun untuk memberlakukan ketentuan ini secara hukum.

  • 2.2

    Persetujuan Penerima Pendanaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2.1 di atas, tetap berlaku tanpa syarat dan tanpa dapat ditarik kembali hingga berakhirnya perikatan hukum berikut seluruh kewajiban finansial Penerima Pendanaan berdasarkan Perjanjian Pendanaan.

  • 2.3

    Persetujuan Penerima Pendanaan secara elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2.2 di atas adalah:

    • Dipersamakan dengan persetujuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1320 KUHPer sebagai syarat sahnya suatu perjanjian;
    • (a) Dikualifikasi sebagai alat bukti hukum yang sah berdasarkan Pasal 5 ayat 1 UU ITE; dan
    • (b) Merupakan instrumen pembuktian yang diterima sebagai bagian dari konsep pembuktian secara perdata dalam pengadilan menurut Pasal 1865 KUHPer
  • 2.4

    Kami telah mengedepankan transparansi dan pemaparan secara intensif mengenai isi Kebijakan Privasi ini termasuk penggunaan Nomor Darurat dalam proses pengajuan Aplikasi Permohonan sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Kebijakan Privasi ini, sehingga Penerima Pendanaan dianggap telah cermat memahami isi Kebijakan Privasi, sebagaimana dibuktikan secara mutlak dari diterimanya Pendanaan oleh Penerima Pendanaan melalui Platform.

  • 2.5

    Dengan diberlakukannya ketentuan perihal penggunaan Nomor Darurat sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Kebijakan Privasi ini, Kami mengharapkan:

    • (a) Penerima Pendanaan menjadi konsumen yang baik dengan memenuhi janji dan komitmennya melunasi Pendanaan berdasarkan Perjanjian Pendanaan, sebagaimana Kami telah melaksanakan tanggung jawabnya untuk mencairkan Pendanaan dengan efisien, aman dan efektif pada Penerima Pendanaan dengan seluruh rekam jejak transaksi dan alur proses pengajuan Aplikasi Permohonan yang terekam pada sistem informasi dan teknologi Kami; dan
    • (b) Penerima Pendanaan menjadi konsumen yang beritikad baik dalam melaksanakan tanggung jawabnya untuk melunasi Pendanaan dengan tepat waktu dan tuntas tanpa terlibat dalam sengketa apapun terkait Gagal Bayar dengan Kami, melainkan seluruh kewajiban finansial Penerima Pendanaan dapat dipenuhi dan dituntaskan sehingga Penerima Pendanaan dapat dikategorikan sebagai Penerima Pendanaan yang bertanggung jawab (responsible borrower) dalam kegiatan pendanaan yang juga bertanggung jawab (responsible lending) yang mematuhi ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan.

PASAL 3 DATA PRIBADI

PENGGUNAAN DATA PRIBADI

  • 3.1

    Selama menggunakan Layanan, kami berhak untuk meminta, memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan menggunakan Data Pribadi Anda yang diperoleh melalui proses mencakup namun tidak terbatas pada pengisian formulir atau data isian online yang terdapat pada Platform, informasi mengenai perangkat, kunjungan serta penggunaan Platform pada saat Pengguna mengakses Platform, dan informasi lain yang didapat melalui Platform, surat elektronik (e-mail), telepon maupun media lain (apabila diperlukan).

  • 3.2

    Anda dengan ini memberikan persetujuan bahwa kami berhak meminta, memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi yang Anda berikan melalui Platform yang akan digunakan untuk, namun tidak terbatas pada, tujuan berikut:

    • (a) Penilaian, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap (i) permohonan atau aplikasi perolehan pendanaan; (ii) proses atau permohonan pendaftaran sebagai Pemberi Pendanaan atau Penerima Pendanaan; dan/atau (iii) profil Anda;
    • (b) Melakukan penilaian risiko, analisis dan perencanaan statistik dan tren, termasuk melaksanakan pengolahan data, analisis statistik, kredit, risiko dan anti pencucian uang, membuat dan mengelola model penilaian kredit, melakukan pemeriksaan dan peninjauan kredit dan latar belakang lain, dan menyimpan sejarah kredit Anda dan kuasa Anda yang sah untuk referensi saat ini dan di masa mendatang;
    • (c) Mengelola hubungan Kami dengan Anda yang dapat termasuk menyediakan informasi kepada Anda tentang Platform dan memungkinkan Anda untuk menggunakan Layanan yang disediakan oleh Platform;
      • (a) Mengirim notifikasi melalui surat elektronik (e-mail) kepada Anda;
      • (b) Menghubungi Anda terkait dengan permintaan Anda;
      • (c) Mencegah dan mendeteksi penipuan, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan teknologi deteksi suara untuk menganalisa rekaman percakapan telepon Anda dengan kami;
      • (d) Untuk keperluan bisnis kami secara umum misalkan untuk verifikasi identitas Anda dan reputasi kredit Anda;
      • (e) Mengidentifikasi Anda ketika Anda menghubungi kami atau mengunjungi Platform;
      • (f) Mengirim komunikasi komersial pemasaran dan non-pemasaran kepada Anda;
      • (g) Mengirim notifikasi atau buletin surat elektronik (e-mail) jika sebelumnya diminta oleh Anda;
      • (h) Memberikan informasi yang memadai di Platform untuk mengidentifikasi Anda kepada Pemberi Pendanaan dan/atau Penerima Pendanaan;
      • (i) Mengizinkan Anda berpartisipasi dalam layanan fitur interaktif kami;
      • (j) Mengizinkan bank, badan keuangan, AFPI, OJK, atau pihak ketiga yang berwenang guna mengadakan pengecekan terbatas pada status Anda dalam database kami atau Layanan;
      • (k) Menangani pertanyaan atau keluhan yang dibuat oleh atau tentang Anda sehubungan dengan Platform dan disimpan untuk mencegah kecurangan;
      • (l) Memverifikasi kepatuhan Anda terhadap persyaratan dan ketentuan yang mengatur penggunaan Platform;
      • (m) Survey, riset, evaluasi dan/atau pengembangan produk atau Layanan oleh Kami atau pihak terkait yang berkepentingan;
      • (n) Pengurusan rekening escrow Pengguna kepada pihak penyedia rekening escrow;
      • (o) Melakukan pemeriksaan anti pencucian uang dan pencegahan dana terorisme di sektor jasa keuangan;
      • (p) Memenuhi persyaratan hukum, regulasi dan kepatuhan yang berlaku terhadap Kami beserta Platform dan Layanannya berdasarkan undang-undang yang berlaku dan mematuhi setiap perjanjian yang berlaku sehubungan dengan pelaksanaan Layanan;
      • (q) Melaksanakan perintah atau kebijakan pemerintah, badan pengaturan atau instansi yang berwenang;
      • (r) Memberitahu Anda tentang perubahan-perubahan terhadap Platform dan Layanan.
  • 3.3

    Data Pribadi yang disampaikan oleh Anda kepada kami untuk tujuan publikasi di Platform akan digunakan untuk tujuan tersebut sesuai dengan persetujuan yang telah Anda berikan kepada kami.

  • 3.4

    Kami dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda apabila:

    • (a) Dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan;
    • (b) Terdapat proses hukum yang sedang atau akan berlangsung;
    • (c) Terdapat dugaan adanya tindak pidana termasuk namun tidak terbatas pada tindak pidana penipuan atau pencucian uang;
    • (d) Dipersyaratkan oleh instansi atau pihak yang berwenang; atau
    • (e) Telah mendapatkan persetujuan tertulis oleh Anda;
  • 3.5

    Jika Anda memberikan kami informasi yang salah dan tidak akurat, atau kami menduga adanya penipuan, kami bisa mencatat hal tersebut dalam sejarah kredit Anda dan membagikan informasi tersebut ke badan hukum yang tepat atau pihak yang berwenang dan/atau agensi pencegah penipuan.

PENYIMPANAN DATA PRIBADI

  • 3.6

    Semua Data Pribadi yang Anda berikan dan/atau kami terima sesuai dengan Kebijakan Privasi disimpan dengan aman di wilayah Republik Indonesia.

  • 3.7

    Penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh Kami paling singkat adalah selama 5 (lima) tahun atau selama diperlukan untuk melindungi kepentingan Kami yang dianggap perlu atau apabila diminta oleh undang-undang.

KEAMANAN DATA PRIBADI

  • 3.8

    Kami akan mengambil semua langkah dan tindakan yang wajar untuk mencegah kehilangan, penyalahgunaaan atau perubahan Data Pribadi Anda oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.

  • 3.9

    Kami selanjutnya menjamin bahwa semua informasi Data Pribadi Anda yang disampaikan kepada kami akan disimpan dalam server kami yang aman. Sistem keamanan kami telah memenuhi standar industri dan kami senantiasa mengamati perkembangan internet guna memastikan sistem kami berkembang seperti yang disyaratkan. Kami juga melakukan pengujian terhadap sistem kami secara berkala untuk memastikan mekanisme keamanan kami selalu mutakhir dan kami sepenuhnya mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang perlindungan data di Indonesia.

  • 3.10

    Terlepas dari langkah dan tindakan pencegahan yang kami lakukan, kami tidak dapat memberikan jaminan penuh atas keamanan segala bentuk data yang dikirimkan kepada kami melalui internet dimana terdapat pihak-pihak lain yang mengambil atau mempergunakan platform kami dengan melawan hukum serta tanpa izin kami. Kami akan berupaya sebaik mungkin untuk membatasi akses ke dalam Data Pribadi oleh pihak yang tidak berwenang.

  • 3.11

    Saat mendaftarkan diri di Platform, Anda diminta untuk membuat kata sandi pribadi Anda sendiri. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi tersebut. Kami mengimbau agar Anda tidak membagikan atau memberitahukan kata sandi tersebut kepada pihak yang tidak berkepentingan. Kecuali jika Anda ingin masuk ke Platform, kami tidak akan pernah meminta kata sandi Anda.

PENGEMBALIAN DAN PEMUSNAHAN DATA PRIBADI

  • 3.12

    Pemusnahan Data Pribadi Anda hanya dapat dilakukan jika:

    • (a) Telah melewati ketentuan jangka waktu penyimpanan Data Pribadi yaitu 5 (lima) tahun atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
    • (b) Atas permintaan Anda, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.;
  • 3.13

    Pemusnahan sebagaimana pada Pasal 3.12 termasuk menghilangkan sebagian atau keseluruhan dokumen terkait Data Pribadi Anda yang kami kelola sehingga Data Pribadi tersebut tidak dapat ditampilkan kembali dalam sistem elektronik kecuali Anda memberikan Data Pribadi yang baru.

PERUBAHAN DATA PRIBADI

  • 3.14

    Kami memahami bahwa Anda perlu memperbarui atau memperbaiki informasi Anda dari waktu ke waktu. Saat diperlukan pembaruan informasi, maka Pengguna dapat mengajukan permohonan secara tertulis via surat elektronik (e-mail) kepada Kami dan berikan Kami rincian yang relevan. Kami akan membantu memperbarui dan/atau memperbaiki informasi Anda untuk Anda jika dianggap perubahan tersebut diperlukan.

PENGEMBALIAN DAN PENGHAPUSAN DATA PRIBADI

  • 3.15

    Pengguna berhak atas pengembalian Data Pribadi yang telah diberikan kepada kami dengan persyaratan sebagai berikut:

    • (a) Tidak sedang terikat perjanjian sehubungan dengan penyediaan Layanan pada Platform, baik Perjanjian Penyaluran Pendanaan maupun Perjanjian Pendanaan;
    • (b) Tidak memiliki hak sehubungan dengan penyediaan Layanan pada Platform, termasuk namun tidak terbatas pada hak tagih atas pengembalian, pembayaran kembali dan pelunasan piutang;
    • (c) Tidak memiliki kewajiban, tanggung jawab finansial, utang atau hal sejenisnya sehubungan penyediaan Layanan pada Platform;
    • (d) Tidak dalam proses pengajuan permohonan perolehan pendanaan berikut proses verifikasi dan penilaian terhadap permohonan tersebut oleh Kami; dan
    • (e) Tidak terdaftar sebagai Pengguna aktif Platform (sudah menonaktifkan akun).
  • 3.16

    Permohonan pengembalian Data Pribadi tersebut disampaikan kepada kami melalui surat elektronik (e-mail) support@rbt.id dengan menyertakan bukti diri yang sah (salinan kartu tanda penduduk atau paspor) beserta alasan pengembalian Data Pribadi.

  • 3.17

    Pengguna berhak memohonkan penghapusan Data Pribadi kepada Kami dengan memberikan pemberitahuan secara tertulis paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sebelum tanggal penghapusan yang dikehendaki dengan menyebutkan jenis atau wujud Data Pribadi yang dimohonkan penghapusannya, dengan ketentuan bahwa Data Pribadi yang hendak dihapus termasuk merupakan Data Pribadi yang terbukti telah diperoleh dari, pernah diminta atau dipersyaratkan oleh Kami. Ketentuan penghapusan Data Pribadi ini harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Perkominfo No. 20/2016

PASAL 4 PENGGUNAAN NOMOR DARURAT

TUJUAN PENGGUNAAN NOMOR DARURAT

  • 4.1

    Nomor Darurat yang dicantumkan oleh Penerima Pendanaan saat proses pengajuan permohonan perolehan Pendanaan (“Aplikasi Permohonan”) akan digunakan khusus untuk menghubungi pemilik Nomor Darurat yang bersangkutan ketika Penerima Pendanaan berada dalam keadaan Gagal Bayar.

HAK KAMI MENGHUBUNGI NOMOR DARURAT

  • 4.2

    Sebagai syarat mutlak pemanfaatan Pendanaan melalui Platform, Penerima Pendanaan dengan ini mengizinkan Kami tanpa memerlukan persetujuan dari pihak manapun, untuk menghubungi pihak selaku pemilik Nomor Darurat (“Pemilik Nomor Darurat”) dalam hal Penerima Pendanaan berada dalam keadaan Gagal Bayar, sebagaimana dapat diberitahukan oleh Kami, untuk tujuan:

    • (a) Mencari atau menelusuri keberadaaan Penerima Pendanaan dalam hal Penerima Pendanaan yang belum melunasi Pendanaan dan Penerima Pendanaan tidak bisa atau sulit dihubungi melalui nomor telepon selular Penerima Pendanaan yang terdaftar dan tercatat pada Platform pada saat proses pengajuan Aplikasi Permohonan;
    • (b) Meminta bantuan Pemilik Nomor Darurat untuk mengingatkan Penerima Pendanaan untuk membayar dan melunasi Pendanaan; dan/atau
    • (c) Meminta Pemilik Nomor Darurat menyampaikan pesan dari Kami sehubungan dengan pemenuhan kewajiban pelunasan Pendanaan dan keadaan Gagal Bayar.
  • 4.3

    Kami akan menghubungi Pemilik Nomor Darurat untuk tujuan di atas baik melalui, antara lain, telepon langsung, SMS (Short Message Service), BlackBerry messenger, WeChat, maupun Whatsapp dan cara lain sebagaimana ditentukkan oleh Kami dari waktu ke waktu. Dalam berkorespondensi dengan Pemilik Nomor Darurat, Kami akan menghindari segala wujud intimidasi, ancaman maupun pelanggaran hukum lainnya, termasuk dalam hal ini tidak akan mengirim foto Penerima Pendanaan kepada Pemilik Nomor Darurat.

Langkah Antisipasi Terhadap “Nomor Darurat Non-Aktif”

  • 4.4

    Nomor Darurat yang dicantumkan Penerima Pendanaan dalam proses pengajuan Aplikasi Permohonan sehingga tercatat pada Platform dianggap sebagai “Nomor Darurat Non-Aktif” apabila namun Nomor Darurat tersebut:

    • (a) Tidak juga diangkat, memperoleh tanggapan atau respon;
    • (b) Tidak terdaftar, tidak aktif, tidak berfungsi ataupun secara permanen tidak lagi digunakan; dan/atau
    • (c) Telah berpindah tangan kepada pihak ketiga lain yang tidak terkait Penerima Pendanaan atau telah digunakan oleh pihak lain yang mengaku tidak mengenal Penerima Pendanaan:

PEMBEBASAN TANGGUNG JAWAB

  • 4.7

    Penerima Pendanaan dengan ini membebaskan, membela dan tidak membahayakan serta memberi ganti rugi terhadap Kami dan/atau Pemberi Pendanaan (berikut karyawan, direksi, komisaris, pemegang saham, perwakilan, kuasa, agen dan/atau afiliasinya) dari setiap kerugian, pengeluaran, ongkos maupun biaya yang timbul dari atau sehubungan dengan:

    • (a) Sengketa dengan pihak ketiga terkait Nomor Darurat oleh karena alasan sengketa apapun;
    • (b) Pelanggaran hak atau kerugian pihak ketiga atau pihak manapun terkait Nomor Darurat;
    • (c) Sanksi, investigasi atau penyelidikan, penyidikan, inspeksi atau audit maupun konsekuensi apapun dari atau terkait pelanggaran ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan, kebijakan pemerintah dan/atau putusan badan peradilan atau arbitrase manapun akibat dari atau sehubungan dengan pelaksanaan hak Kami dalam ketentuan ini atau upaya menghubungi, mengakses, menelusuri, memperoleh dan/atau memanfaatkan Nomor Darurat.

PASAL 5 HAK PENGGUNA

Sehubungan dengan penggunaan Layanan pada Platform, Pengguna berhak:

  • (a)

    Atas kerahasiaan Data Pribadinya dan Nomor Darurat;

  • (b)

    Mengajukan pengaduan dalam rangka penyelesaian sengketa Data Pribadi atas kegagalan perlindungan Data Pribadi oleh kami kepada Menteri;

  • (c)

    Mendapatkan akses atau kesempatan untuk mengubah atau memperbaharui Data Pribadinya tanpa menganggu sistem pengelolaan Data Pribadi, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan;

  • (d)

    Mendapatkan akses atau kesempatan untuk memperoleh historis Data Pribadinya yang pernah diserahkan sepanjang masih sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

  • (e)

    Meminta pemusnahan Data Pribadi yang yang kami kelola, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan; dan

  • (f)

    Menentukan klasifikasi rahasia dan tidak rahasia dari Data Pribadi (apabila dibutuhkan):

PASAL 6 PENGESAMPINGAN KEWAJIBAN

  • 6.1

    Anda setuju untuk tidak meminta pertanggungjawaban kami atas pelanggaran, atau ketidakpatuhan terhadap Kebijakan Privasi atau perlindungan Data Pribadi dalam situasi berikut:

    • (a) Dimana suatu tindakan alam atau keadaan yang tidak terduga telah terjadi, mengakibatkan kerusakan, kerusakan atau penghancuran peralatan dan/atau mesin yang digunakan untuk mengamankan, menyimpan atau memproses Data Pribadi Pengguna;
    • (b) Dimana Data Pribadi telah tersedia atau dapat ditemukan oleh publik sebelum Data Pribadi atau informasi semacam itu disampaikan kepada kami;
    • (c) Dimana kami telah memberikan upaya terbaik untuk memverifikasi, mengamankan dan melindungi data dan informasi pribadi yang kami berikan, ada akses tidak sah, hacking, penyalahgunaan, modifikasi, perubahan, gangguan;
    • (d) Atas keakurasian (kecuali Data Pribadi yang telah diverifikasi oleh Kami sesuai kebijakannya), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Anda dan tidak diwajibkan untuk memberitahu Anda atau pihak manapun perihal tersebut kecuali diwajibkan secara hukum; dan/atau
    • (e) Dimana penyalahgunaan Data Pribadi dan informasi yang disebabkan dengan tindakan kejahatan, penipuan atau tindak pidana apapun atau salah tindakan dari pihak ketiga yang tidak berada di bawah kendali atau instruksi kami.
  • 6.2

    Kami akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu secara tertulis melalui surat elektronik (e-mail) kepada Anda jika terjadi kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi dalam pengelolaan Platform baik yang disebabkan oleh kami atau ketika kami mengetahuinya dari pihak ketiga yang dikelola dengan ketentuan pemberitahuan sebagai berikut:

    • (a) Dengan menyertakan alasan atau penyebab terjadinya kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi;
    • (b) Pemberitahuan tertulis lewat surat elektronik (e-mail) kepada Anda paling lambat 14 (empat belas) hari sejak diketahui adanya kegagalan tersebut;
    • (c) Menyediakan contact person yang mudah dihubungi oleh Anda terkait pengelolaan Data Pribadi;

PASAL 7 COOKIES

  • 7.1

    Dengan mengunjungi dan menggunakan Platform, Anda mengetahui bahwa cookies dapat terpasang di perangkat Anda. Cookies adalah file yang mencatat informasi seperti jejak pencarian situs dari perangkat atau untuk mengumpulkan informasi log internet dan informasi perilaku pengunjung. Saat Anda mengunjungi Platform ini lagi, cookies akan memudahkan kami untuk menyesuaikan konten sesuai dengan kebutuhan Anda. Cookies ini tidak melacak informasi Pengguna secara individual, dan semua data cookie kami telah dienkripsi dan tidak dapat dibaca oleh Platform lain.

  • 7.2

    Walaupun secara otomatis perangkat komputer Anda akan menerima cookies, Anda dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan situs pencarian Anda yaitu dengan memilih untuk menolak cookies dengan menghapus cookies yang terpasang di perangkat Anda setiap saat dengan mengkonfigurasi perangkat lunak situs pencarian Anda. Anda mungkin tidak mendapatkan keuntungan dari beberapa Layanan pada Platform jika cookie dihapus atau dicegah agar tidak terpasang diperangkat Anda.

PASAL 8 AKSES SOSIAL MEDIA

  • 8.1

    Dalam rangka penyediaan Layanan pada Platform, kami dapat meminta Anda untuk memberikan kami izin mengakses ke akun media sosial termasuk namun tidak terbatas pada Twitter, Facebook, Google+ dan/atau Linkedln.

  • 8.2

    Anda tidak diwajibkan untuk memberikan akses ke akun media sosial milik Anda. Namun terkait dengan Layanan, Anda perlu memahami bahwa akses ke akun media sosial Anda dapat meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan pendanaan lebih murah dengan kami.

  • 8.3

    Dalam hal Anda memberikan kami akses ke data akun media sosial Anda, Anda harus memahami bahwa kami hanya menggunakan data tersebut untuk tujuan berikut:

    • (a) Verifikasi identitas;
    • (b) Mitigasi risiko penipuan identitas;
    • (c) Statistik analisis/kuantitatif;
    • (d) Melakukan kontrol regulasi;
    • (e) Memberikan informasi dan menjawab pertanyaan; dan
    • (f) Mencegah penipuan, pencucian uang dan kegiatan kriminal lainnya.
  • 8.3

    Kami tidak akan menggunakan data Anda untuk tujuan lain yang tidak disebutkan di atas termasuk namun tidak terbatas pada:

    • (a) Berbagi atau menjual data Anda langsung atau tidak langsung kepada pihak ketiga;
    • (b) Mengunggah informasi apapun untuk atau ke akun media sosial Anda termasuk namun tidak terbatas pada kepesertaan Anda pada Kami;
    • (c) Menghubungi setiap koneksi Anda pada jaringan sosial.

PASAL 9 PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI

  • 9.1

    Kebijakan Privasi ini mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu. Ketika kami melakukannya, kami akan memperbaharui dan menerbitkan versi terbaru dari Kebijakan Privasi ini di Platform.

  • 9.2

    Anda disarankan untuk membaca secara saksama dan memeriksa Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu agar Anda tetap terinformasikan mengenai perubahan terbaru dalam Kebijakan Privasi ini.

  • 9.3

    Kami dapat memberitahu Anda tentang perubahan yang dibuat pada Kebijakan Privasi ini melalui surat elektronik (e-mail) ke alamat e-mail Anda yang terdaftar.

  • 9.4

    Dengan tetap mengakses dan menggunakan Platform dan Layanan, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi ini.

PASAL 10 LAIN-LAIN

Kebijakan Privasi ini kami susun dengan menyesuaikan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada POJK 10 dan Perkominfo No. 20/2016.

PASAL 11 KONTAK

Apabila ada pertanyaan, komentar dan permintaan mengenai Kebijakan Privasi dapat ditujukan kepada Petugas Perlindungan Data Kami di alamat email support@rbt.id.